Capai Pembelajaran

Rumusan Singkat Rumusan CPL
Aspek Sikap
  1. Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan mampu menunjukan sikap religious
    Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika
  2. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
  3. Berperan sebagai warga Negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
  4. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinil orang lain
  5. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
  6. Menunjukan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  7. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan
Aspek Pengetahuan
  1. Menguasai prinsip dan teori pendidikan di sekolah dasar
  2. Menguasai konsep tentang karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar
  3. Menguasai pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PPKn, Sbd dan PJOK
  4. Menguasai konsep kurikulum, pendekatan strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif sebagai guru kelas di sekolah dasar
  5. Menguasai konsep dan teknik evaluasi proses dan hasil pembelajaran di sekolah dasar
  6. Menguasai konsep dasar dan prosedur penelitian yang dapat memformulasikan penyelesaian permasalahan pendidikan di sekolah dasar
  7. Menguasai konsep dan teknik layanan bimbingan konseling di sekolah dasar
  8. Menguasai pengetahuan lintas bidang ilmu yang sesuai perkembangan IPTEKS dengan memperhatikan kearifan lokal
Aspek Keterampilan Umum
  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan 5 bidang ilmu keahlian (IPA, Matematika, Bahasa Indonesia, IPS dan PKn)
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni
  4. Mampu menyususn deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di 5 bidang berdasarkan hasil analisis informasi dan data
  6. Mampu memlihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya
  7. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervise dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada dibawah tanggung jawabnya
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri
  9. Mampu mendokumntasikan, menyimpan, mengamnakan dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiat
Aspek Keterampilan Khusus                                                  
  1. Mampu menerapkan prinsip dan teori pendidikan melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar
  2. Mampu menerapkan konsep tentang kerakteristik perkembangan peserta didik melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar
  3. Mampu menerapkan pengetahuan bidang social di sekolah dasar meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PKn, SBdP dan PJOK melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran
  4. Mampu menerapkan dan mengembangkan kurikulum, pendekatan strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar
  5. Mampu merancang, melaksanakan, menganalisis dan menindaklanjuti evaluasi proses dan hasil pembelajaran di sekolah dasar
  6. Mampu merancang dan melaksanakan peneltian bidang pendidikan SD secara ilmiah dan melaporkan serta mempublikasikan
  7. Mampu menerapkan layanan bimbingan konseling di sekolah dasar
  8. Mampu menyelesaiakan permasalahan dalam bidang pendidikan SD (Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PKn, SBdP dan PJOK) dengan menerapkan IPTEKS dengan memperhatikan kearifan lokal