PRODI PGSD GELAR LOMBA PRAKTIKUM IPA

Pembelajaran merupakan sebuah proses interaksi antara peserta didik dan pendidik serta penggunaan sumber belajar dalam suatu lingkungan belajar. Dalam proses pembelajaran, banyak aspek yang mempengaruhi kualitas suatu proses pembelajaran. Salah satu aspek penting yang member pengaruh besar adalah penggunaan media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik. Perkembangan media pembelajaran yang semakin canggih dewasa ini dapat membuat proses pembelajaran semakin praktis dan menarik.

Pandemi COVID-19 yang tengah mengubah tatanan kehidupan social masyarakat menjadi factor eksternal yang memengaruhi proses pembelajaran saat ini. Pembatasan fisik dan aktivitas social dalam skala besar tidak memungkinkan pembelajaran dilakukan secara tatap muka, sehingga berdampak besar bagi kegiatan belajar yang harus dilakukan secara praktikal salah satunya dalam pembelajaran IPA

Foto Salah Satu Peserta Lomba Praktikum IPA sedang Mempresentasikan Hasil Praktikumnya.

Kesenjangan pelaksanaan pembelajaran praktikum IPA SD ini menuntut adanya solusial ternatif yang paling mungkin untuk dilakukan. Alternatif tersebut muncul dalam bentuk pemanfaatan teknologi daring sebagai media pembelajaran (Setiaji & Dinata, 2020). Teknologi daring cenderung dipilih karena merupakan ujung tombak pelaksanaan pendidikan di masa pandemi, relative mudah, dan dapat menjangkau banyak orang di banyak tempat. Pemanfaatan media video dalam praktikum IPA SD yang berisi prosedur praktikum IPA SD yang benar sangat membantu proses pembelajaran. Dr. Taty R. Koroh, M.Pd selaku Ketua Prodi PGSD FKIP undana menyatakan bahwa:

“Lomba ini sebagai bentuk pengembangan kreativitas mahasiswa dalam membuat video pebelajaran untuk mendukung proses pembelajaran praktikum IPA SD. Selain itu untuk mengembangkan dan menerapkan keterampilan dan proses ilmiah mahasiswa PGSD. Pemanfaatan ITC (Information and Communication Technology) dan penerapan 4C adalah hal yang wajib dikuasai oleh seluruh mahasiswa PGSD di era globalisasi saat ini”.

Lomba ini diselenggarakan pada hari Jumat, 29 Oktober 2021 di Kampus B, Gedung PGSD Undana dengan jumlah peserta 103 orang yang merupakan mahasiswa PGSD semester I, III dan V. 7 besar finalis mempresentasikan video praktikum secara luring dan secara daring melalui aplikasi zoom sebab sedang dalam program kampus mengajar di luar Kota Kupang. Juara I atas nama Shalomita Puling, Juara II atas nama Dewi Sarlince Nggili  dan juara III atas nama Erlen E. Limbak. Orang tua dari finalis juga datang dan memberikan dukungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *