Visi Misi Tujuan

VISI

Menjadikan PGSD FKIP Undana sebagai pusat unggulan dalam menghasilkan lulusan guru sekolah dasar yang berkualitas sebagai tenaga pendidik yang profesional, berkarakter kuat dan mampu berkompetisi dalam pengembangan IPTEKS di tingkat Nasional dan Global yang bercirikan pengembangan kawasan kepulauan, lahan kering, dan pariwisata.”

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan akademik dan pendidikan profesi guru dengan sistem pembelajaran bebasis teknologi digital untuk memperkuuat penguasaan kompetensi guru SD yang profesional , berkhrakter kuat dan mampu berkompetisi dalam era global industri 4.0 yang bercirikan pengembangan wawasan kepulauan, lahan kering dan pariwisata.
  2. Menyelenggarakan kegiatan penelitian dan kegiatan keilmuandalam rangka memperkuat penguasaan kompetensi guru SD yang profesional, berkharakter dan mampu berkompetisi dalam era global.
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka penerapan IPTEK dan membentuk kompetensi sosial dan kepribadian calon guru SD yang profesional di era global.
  4. Membangun kemitraan dengan berbagai pihak dalam dan luar negeri untuk penguatan kapasitas lembaga dan kapasitas lulusan di era global yang bercirikan pengembangan kepulauan, lahan kering dan pariwisata.

TUJUAN

Tujuan Program Studi Pendidikan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusa Cendana adalah sebagai berikut :

  1. Menghasilkan tenaga pendidik pada jenjang SD yang profesioal,berkualitas dan berkepribadian yang baik yang dilandasi oleh sikap Taqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu bersaing dalam pengembangan IPTEKS di kawasan kepulauan lahan kering dan pariwisata di tingkat nasional dan global.
  2. Menghasilkan karya ilmiah yang bertaraf nasional dan internasional dalam rangka penguatan ilmu pengetahuan khususnya pengembangan ilmu dalam bidang pendidkan dasar.
  3. Mengimplementasikan ilmu pengetahuan, teknologi dan informasi pada jenjang pendidikan dasar di era global.
  4. Menjalin kerjasama dengan berbagai mitra dalam rangka pengembangan ilmu pendidikan dasar di era global dalam pengembangan.

SASARAN

  1. Meningkatkan jumlah doktor pada program studi
  2. Meningkatkan jumlah jabatan fungsional lektor kepala
  3. Meningkatkan h-indeksscopus dosen
  4. Menghasilkan produk inovatif dan paten
  5. Meningkatkan jumlah rekognisi dosen
  6. Mendorong terlaksananya reorientasi kurikulum sesuai dengan KKNI
  7. Mewajibkan dosen memiliki sertifikat Pekerti atau AA
  8. Mendorong pemenuhan karakteristik proses pembelajaran
  9. Ketersediaan jumlah RPS sesuai dengan standar mutu Universitas
  10. Meningkatkan pemanfaatan LMS dalam pembelajaran Blended
  11. Melaksanakan penilaian berdasarkan prinsip- prinsip penilaian (edukatif, objektif, tranparansi, akuntabel, dan otentik)
  12. Meningkatkan ketersediaan sarana dan pra-sarana pendukung kegiatan Tridharma PT
  13. Mendorong integrasi penelitian dan PkM dalam pembelajaran
  14. Meningkatkan suasanaa kademik program studi
  15. Menyusun Road Map penelitian dan PkM program studi
  16. Meningkatkan jumlah publikasi nasional dan internasional bereputasi
  17. Meningkatkan jumlah penelitian dan PkM yang melibatkan mahasiswa
  18. Mendorong dosen untuk proposal penelitian dan PkMdengan sumber luar PT
  19. Menyusun profil lulusan dan CPL program studi sesuai dengan kearifan lokal dan konsersiumikatan program studi dan melibatkan stakeholder eksternal
  20. Menigkatkan prestasi mahasiswa di tingkat nasional dan internasional
  21. Mendorong mahasiswa untuk mempublikasikan karya ilmih di tingkat nasional dan internasional
  22. Mendorong mahasiswa untuk menghasilkan karya inovatif tingkat lokal, nasional, dan internasional
  23. Melaksanakan kegiatans tracer study
  24. Meningkatkankuantitas dan kualitas kegiatan kemahasiswaan di tingkat program studi dalam bentuk kegiatan akademik dan non akademik
  25. Meningkatkan jumlah unit usaha di tingkat program studi
  26. Meningkatkan persentasi mahasiswa yang memperolah beasiswa
  27. Mendorong kerjasama dibidang tirdarma perguruan tinggi dalam meningkatkan kinerja program studi